Mata Pelajaran: IPS
Kelas/Semester: IV/I
Alokasi waktu: 9 x 35 menit
Standar Kompetensi:
Memahami sejarah, kenampakan alam, dam keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar:
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
Indikator:
Menjelaskan pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya melalui peta
Materi pokok:
Keanekaragaman suku bangsa dan budaya (jika perlu, cari uraian materi terkait materi ini di internet, khususnya yang menyangkut keragaman suku bangsa dan budaya serta disintegrasi budaya bangsa)
Fakta:
Konflik antarsuku, pengakuan budaya bangsa, dll.
Konsep:
Suku bangsa
Budaya
Primordialisme
Disintegrasi
Sukuisme
Keragaman budaya, dll.
Generalisasi:
Disintegrasi budaya bangsa
Nilai
Nilai kebangsaan (Nasionalisme)
Nilai budaya
Nilai persatuan
Nilai cinta budaya bangsa
Sikap
Sikap yang bisa dikembangkan dari materi ini antara lain:
Sikap toleransi antarbudaya dan suku bangsa
Sikap saling menghormati antarsuku bangsa dan budaya
Sikap selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
Keterampilan Intelektual
Mengetahui beraneka ragam suku dan budaya bangsa sendiri
Memahami arti penting persatuan dan kesatuan dalam bangsa yang beranekaragam
Menganalisis penyebab terjadinya disintegrasi budaya bangsa
Keterampilan Motorik
Mampu menunjukkan suku bangsa atau budaya tertentu di dalam peta Indonesia
Mampu memperagakan (memainkan, menyanyikan, mempraktekkan) salah satu hasil karya budaya setempat.
Keterampilan Sosial
Dapat menghargai keberadaan suku dan budaya yang berbeda di wilayah tempat tinggalnya.
Dapat berinteraksi secara harmonis dan selaras dalam lingkungan masyarakat yang pluralistik (suku bangsa dan budaya)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar